Jabora adalah kucing liar berkelamin betina. Bulunya tidak lebat dan panjang karena dia hanyalah domestic cat. Dia datang ke rumah kami dalam keadaan hamil besar dan kelaparan. Begitulah performa kucing hamil yang selalu merasa lapar karena harus menyediakan nutrisi layak untuk bayi kitten yang dikandungnya. Kedatangan Jabora merupakan rezeki untuk kami karena dia mampu menangkap tikus nakal yang suka menggigit barang di pekarangan. Jabora dan perut besarnya menjadi penyelamat aneka sisa makanan yang tidak dapat disimpan lama supaya tidak terbuang mubazir.

Hyena (Michel), Maxwell, Kiti dan sang mama, Jabora (Sri Nur Aminah, Mei 2024)

Aktivitas di rumah kami semakin ramai karena adanya Jabora yang siap menyambut saat setiap anggota keluarga pulang ke rumah. Hari terus berganti di musim kemarau yang panas mataharinya terik membakar kulit. Tibalah hari yang dinantikan oleh seekor induk kucing. Saat itu saya berada di kantor ketika anakku mengabarkan bahwa Jabora telah melahirkan dua ekor kitten berbulu gelap. Di layar ponsel, terlihat Jabora berbaring dalam kardus bekas yang telah kami sediakan beberapa hari sebelumnya. Si kucing betina itu terlihat begitu gembira menyambut kelahiran dua ekor kitten. Ternyata itu bukan akhir perjuangan Jabora, menit berikutnya berlalu dengan kehadiran dua ekor kitten yang (lagi-lagi) berbulu gelap. Jabora yang terlihat lemah tetap bersemangat menyusui anak-anaknya.

Sudah dua bulan berlalu sejak Jabora melahirkan empat ekor kitten lucu. Saat ini anaknya tersisa dua ekor, masing-masing berkelamin jantan dan betina. Dua ekor anaknya berkelamin betina dan berwarna gelap telah hilang entah kemana. Jika kutanya, Jabora hanya mengeong pasrah seakan mengatakan ‘aku tidak menahu kemana perginya anakku. Saya merasa paling kehilangan dua ekor kitten tersebut. Selama ini Jabora dan anak-anaknya telah membantu kami supaya tidak membuang makanan ke tong sampah. Kucing-kucing indah ini ikut bergembira menikmati rezeki dari Allah Subhana Wa Ta’ala yang diturunkan lewat perantaraan kami sekeluarga. Sungguh nikmat luar biasa dari Tuhan pencipta alam semesta kepada umatnya. Jabora bukanlah kucing selebriti atau pernah viral di media sosial. Dia hanyalah seekor kucing betina yang ikut menumpangkan hidupnya di rumah kami. Kedatangan Jabora telah mengajarkan banyak hal kepada kami utamanya memaknai kehidupan yang terus berjalan membersamai raga yang masih menyimpan nyawa (srn).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *