KOBARSENO beraksi dalam parade defile Pembukaan Dies Natalis ke-63 ITS

Tetap bersemangat, sehat dan bahagia dalam menjalankan aktivitas adalah impian semua orang.  Banyaknya pekerjaan dan rutinitas harian yang harus diselesaikan membuat seseorang seringkali melupakan olah raga yang memberikan banyak sekali manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Pembukaan Dies Natalis ke-63 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang diselenggarakan pada tanggal 12 September 2023 di Stadion ITS, dihadiri oleh mahasiswa, dosen dan alumni yang datang ke tempat itu.  Acara civitas akademik tersebut juga dihadiri oleh KASAL (Kepala Staf Angkatan Laut).

Pembukaan Dies Natalis ke-63 ITS  oleh Rektor ITS berlangsung  sangat meriah,  diawali dengan pengibaran bendera Dies. Momen ini diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne ITS yang dinyanyikan oleh Paduan Suara Mahasiswa ITS, diikuti oleh civitas akademik dan tamu undangan yang tampak sangat bersemangat. Acara menarik selanjutnya adalah parade defile kontingen civitas akademika ITS dan kontingen produk teknologi hasil riset dan inovasi yang telah dilakukan oleh ITS sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Jumlah kontingen yang terlibat dalam parade defile adalah 16 kontingen yaitu: 9 kontingen Fakultas dan sekolah inter disiplin, 5 kontingen unit kerja atau direktorat dan 1 kontingen produk inovasi.

Salah satu momen paling menarik dalam parade defile Dies Natalis ke-63 ITS adalah penampilan kontingen KOBARSENO, merupakan akronim dari Komunitas Berjalan Nordic Sepuluh Nopember. KOBARSENO yang mengusung jargon semangat sehat bahagia merupakan realisasi dari  Dewan  Profesor ITS.  Salah satu inisiatif terbaru dari Dewan Profesor ITS adalah pengenalan Berjalan Nordic yang diketuai oleh Prof. Djatmiko Ichsani. Hal ini merupakan upaya meningkatkan gaya hidup sehat dan meningkatkan persaudaraan. KOBARSENO yang didirikan pada tanggal 15 Juni 2023 adalah  komunitas fokus pada olah raga Berjalan Nordic. Olah raga yang dilengkapi sepasang perangkat khusus menyerupai tongkat ski di negara Skandinavia dan digunakan saat berjalan kaki, ternyata mampu menggerakkan sekitar 85% otot tubuh  dibandingkan dengan berjalan biasa. Pergerakan aktif lengan dan anggota tubuh lainnya dianggap mampu memperkuat stamina tubuh dan sangat bermanfaat melatih kekuatan jantung. Berjalan Nordic  sangat bermanfaat meningkatkan kebugaran fisik, membantu menjaga keseimbangan postur tubuh yang baik dan berbagai manfaat lain terkait dengan kesehatan. Anggota KOBARSENO terdiri dari guru besar, dosen dan tenaga pendidik aktif maupun pensiunan telah melakukan langkah progresif yang menunjukkan bahwa ITS tidak hanya mendukung pengembangan akademis, tetapi juga menghargai kesejahteraan dan kesehatan seluruh anggota komunitasnya. Hal ini ditunjukkan dengan kegiatan Berjalan Nordic  setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 06.30 di Stadion ITS.

Prof. Imam Robandi dan KOBARSENO

Saat penampilan kontingen KOBARSENO yang berseragam warna oranye dan hitam di acara Dies Natalis ke-63 ITS, tampak Prof. Imam Robandi (Ketua Dewan Profesor ITS),  Prof. Djatmiko Ichsani (Ketua KOBARSENO), Prof. Adi Soeprijanto (Wakil Rektor Bidang I ITS), Prof. Mardlijah (Wakil Dekan FSAD) dan Prof. Supeno Djanali (Eks-Direktur Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti). Prof. Imam Robandi sebagai Ketua Dewan Profesor ITS memberikan aba-aba kepada kontingen KOBARSENO  untuk memulai parade mengelilingi stadion ITS. Kontingen spektakuler itu berhenti di depan panggung untuk memberikan salam penghormatan kepada Rektor ITS. Prof. Hidajat Soegiharjo Masiran sebagai Wakil Berjalan Nordic ITS memberikan aba-aba pemberian hormat kepada Rektor ITS dengan jargon KOBARSENO yaitu: semangat, sehat, bahagia. Prof. Mochamad Ashari sebagai Rektor ITS memberikan apresiasi positif berupa tepuk tangan meriah bersama para hadirin setelah penghormatan diberikan. Acara Dies Natalis ke-63 ITS merupakan momen sangat tepat  KOBARSENO memperkenalkan olah raga Berjalan Nordic  kepada civitas akademik ITS dan khalayak Surabaya secara umum. Keberadaan KOBARSENO dalam Pembukaan Dies Natalis ke-63 ITS juga menandakan sebuah kebersamaan untuk menjadi ajang silaturahmi.

KOBARSENO ITS

Acara Pembukaan Dies Natalis ke-63 ITS juga menjadi kesempatan untuk memperkenalkan AMICO, maskot resmi Dies Natalis ke-63 ITS. Nama AMICO terinsipirasi dari bahasa Italia bermakna kawan atau sahabat. Performa AMICO berupa robot berbentuk bola yang memiliki arti mobilitas, karena wujud bola dikenal memiliki mobilitas sangat tinggi. Keberadaan AMICO sangat relevan dengan Dies Natalis ke-63 ITS tahun 2023 yang mengusung jargon ITS Bergerak.  Diharapkan bahwa kehadiran AMICO  di masa yang akan datang membuat ITS selalu bergerak dan beradaptasi dengan setiap perubahan.

Kontributor: Raiyan Adi Anggara dan Hana Yosinta Maria

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?